Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan dan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara mengenai Irrevocable Deregistration Request Authorisation (IDERA)

Kementerian Perhubungan saat ini tengah mempersiapkan perubahan peraturan mengenai kuasa untuk memohon penghapusan pendaftaran dan ekspor yang tidak dapat dicabut kembali (irrevocable deregistration authorisation request IDERA”) yang saat ini diatur dalam Sub Bagian C Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 49 Tahun 2009 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 47 (Civil Aviation Safety Regulations Part 47) Tentang Pendaftaran Pesawat Udara (Aircraft Registrations (“PM 47/2009”). Perubahan ini dimaksudkan untuk menyempurnakan ketentuan yang telah ada agar sejalan dengan perkembangan industri penerbangan.

Selain mengubah ketentuan mengenai PM 47/2009, Kementerian Perhubungan juga mempersiapkan rancangan mengenai (i) advisory circular sebagai pedoman teknis pihak yang berkepentingan (i.e. maskapai, perusahaan pembiayaan, bank) dalam melakukan pendaftaran IDERA di Kementerian Perhubungan dan (ii) staff instruction sebagai pedoman teknis internal Kementerian Perhubungan dalam menerima dan memproses pendaftaran IDERA.

Draft terakhir yang diterima MHU dari Kementerian Perhubungan mengenai rancangan Peraturan Menteri Perhubungan terkait perubahan KM 49/2009 dan rancangan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara terkait advisory circular dapat di download di halaman ini.