Kegiatan MHU

1. Mei 2018

  • Pertemuan Audiensi dengan Bapak Budi Karya Sumadi di Kementerian Perhubungan RI

Telah berlangsung pertemuan audiensi antara Pengurus Masyarakat Hukum Udara dengan Bapak Budi Karya Sumadi bertempat di Kementerian Perhubungan RI pada hari Rabu, 5 Mei 2018.

Adapun hal-hal yang telah dibahas pada pertemuan tersebut adalah :

1. Membahas perkembangan FIR (Flight Information Region) yang adalah sebagai berikut :

• Rencana pengambil alihan.
• Akan dibuatnya tim kecil dari MHU.
• Pandangan terkait single aviation authority.

2. Deregulasi Ruang Usaha Baru dan start up/korporasi.
3. Integritas/ketegasan dunia Aviasi:
• Melakukan soft approach keluar dan ke dalam negeri, termasuk dalam kesesuaian dengan aturan ICAO.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, MHU telah membentuk dua tim kecil yang akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, utamanya Dirjen Perhubungan Udara dan Divisi Hukum. Adapun tim-tim tersebut telah dibagi menjadi :

• Tim Kebijakan Publik (untuk membahas FIR & ICAO)
• Tim Privat (untuk membahas aturan penerbangan termasuk ketentuan Pendaftaran IDERA)

  •   Rapat Tindak Lanjut Pembiayaan Pencarian dan Pertolongan atas Hilangnya Pesawat Air Asia

Pada hari Senin, 21 Mei 2018 Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah melaksanakan rapat guna menindaklanjuti pembiayaan pencarian dan pertolongan atas hilangnya pesawat udara Indonesia Air Asia dengan nomor penerbangan QZ8501 pada tanggal 28 Desember 2014.

Pada rapat tersebut turut hadir sebagai perwakilan dari Masyarakat Hukum Udara Ibu Dr. Baiq Setiani, S.H., S.E., M.M., M.H. dari Bidang Penelitian.

  • Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Niaga Kepailitan bagi Hakim Peradilan Umum Seluruh Indonesia

Ini adalah tahun kedua Masyarakat Hukum Udara diundang untuk dapat berpartisipasi pada pembekalan kepada calon Hakim Niaga seluruh Indonesia. Pembekalan tersebut telah berlangsung pada hari Sabtu, 26 Mei 2018 bertempat di Pusdiklat Balitbang Diklat Kumdil MA-RI di Megamendung, Bogor.

Adapun pembekalan tersebut terkait dengan Cape Town Convention dan sifat Lex Specialis dari UU Penerbangan dalam hal terjadinya kepailitan.

Pemberi materi pada pembekalan tersebut mewakili Masyarakat Hukum Udara adalah Ibu Tasdikiah Siregar dari Bidang International, Ibu Enny P. Widhya, S.H dari Bidang Pengembangan dan Bapak Sandi Adila Anggota MHU.
2. Juli 2018

  •  Rapat Tindak Lanjut Realignment Flight Information Region (FIR)

Sebagai tindak lanjut rapat koordinasi percepatan Realignment Flight Information Region (FIR) tanggal 4 Juli 2018 yang dipimpin oleh Bapak Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim, disepakati perlunya mendengar pendapat dari pakar/ahli hukum udara untuk menentukan langkah-langkah strategis selanjutnya guna percepatan dalam rangka pengambilalihan FIR.

Sehubungan hal tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman telah melaksanakan rapat yang diadakan pada hari Senin, 16 Juli 2018 bertempat di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan turut hadir pada rapat tersebut sebagai perwakilan dari Masyarakat Hukum Udara Ketua MHU Bapak Andre Rahadian , S.H., LL.M., M.Sc., Wakil Ketua II MHU Bapak Dovy Brilliant H., Sekjen MHU Ibu Anggia Rukmasari S.H., LL.M dan Anggota MHU Bapak Febri Rachmatullah.